Kamis, 29 September 2011

Ular Masuk Rumah


ULAR MASUK RUMAH


Beberapa waktu lalu seekor ular kecil ketahuan asyik menyelinap di tas ceweknya mamih. Spontan mamih dan si ular bereaksi. Si mamih langsung mencari tongkat kayu berat guna membina si ular. Sedangkan si ular juga malu-malu sembunyi ke belakang almari di kamarnya. Selanjutnya adegan si mamih memancing ular keluar dari bilik persembunyian lalu membinasakannya. Ush..ushs...

Ular kecil yang pemalu, berwarna coklat, kayaknya tidak berbisa. Aku sendiri sih cuma tersepona melihat pemandangan tragis itu. Kasihan si ular kecil dibantai oleh mamih sampai meninggal. Innalillahi, semoga arwahnya diterima di sisi-Nya.

Berikutnya jenazah ular kecil dikebumikan di halaman depan rumah. Sejatinya suasana tegang juga selesai. Namun, tidak demikian. Si mamih mencari-cari petunjuk kenapa si ular itu masuk, padahal seharian jendela kamarnya tak dibuka, pintu-pintu pun tak ada yang melompong. Terus dia mulai menuduh jendela kamarku yang kerap terbuka sampai malam, “Khan ular bisa memanjat lewat jendela”, imbuhnya pedas! Ea ea ea, andaikan si ular mendengar kalimat barusan, pasti si ular ga bakal terima, masa dirinya dipadankan dengan maling?!

Ya ampyun pliiiis deh, kalaupun si ular masuk lewat jendela kamarku yang sering terbuka sampai malam, paling tidak hewan melata ini juga lebih lama menginap di kamarku. Faktanya, justru ketahuan di kamarnya mamih yang bersebelahan dengan kamarku. Berarti kamarku tidak cukup menarik perhatian sang ular buat check in kan.



Hasil belajar dari Om Google menyatakan bahwa beberapa hal membuat ular memasuki kawasan rumah manusia. Pertama, karena habitat alami ular rusak sehingga mereka bermigrasi mencari tempat baru. Kedua, dalam pencarian habitat barunya atau dalam perburuan mangsanya, si ular bisa saja tersesat ke rumah-rumah karena tertarik dengan tikus atau hewan piaraan lainnya milik manusia. Jadi sekalian bertamu ke pemilik ternak itu. Ketiga, ular mempunyai sifat berkelana yang tinggi, bosan di hutan dan rawa, mampir aja ke kota, cuci mata sekaligus shopping hhehe ^^.

Apapun alasan ular masuk rumah, sejatinya karena keseimbangan ekosistem dan rantai makanan alamiah terganggu. Terlalu banyak manusia yang tidak peduli dengan lingkungan hingga merusak sumber daya alam di sekitarnya yang sangat memengaruhi kehidupan makhluk lain sebagai satu-kesatuan sistem kehidupan.

Mengatasi ular masuk rumah tak mesti dibunuh. Lebih bijak mengenali jenis ular mana yang harus dibantu menemukan ‘rumah’ aslinya atau diserahkan pada penangkaran satwa langka.

Moga kehidupan manusia dan ular tetap akur.

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...