Selasa, 23 Mei 2017

Mengatasi Gorengan Terlanjur Asin



Gorengan merupakan camilan yang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, rasanya yang gurih enak disantap bersama sambal, cabe, atau sebagai lauk nasi, padahal harganya murah meriah. Namun seiring merebaknya penjual gorengan, ada saja pedagang yang melakukan beberapa kecurangan, salah satunya menggunakan minyak goreng yang tidak sehat. Oleh karenanya kita sebagai masyarakat yang cerdas, lebih baik jeli dalam memilih gorengan yang tersedia. Namun, lebih baik lagi jika kita sendiri yang mengolah gorengan tersebut.

Resep atau cara membuat gorengan sebenarnya sangat simpel. Tinggal menyesuaikan bahan gorengan dan bumbu. Atau bisa juga menggunakan bumbu instan siap pakai yang dijual di supermarket.

Sayangnya, tidak setiap gorengan yang kita olah menghasilkan rasa yang kita inginkan, misalnya terlalu asin. Nah, untuk mengatasi gorengan yang asin ini, mimin punya triknya.

Ini berlaku untuk gorengan yang sudah matang dan ternyata rasanya super asin. Jangan keburu dibuang, mubazir tau.

Untuk mengatasi gorengan yang terlanjur asin:

Makan bersama nasi.
Trik yang sangat mudah jika memiliki gorengan yang sangat asin adalah memakannya sebagai lauk bersama nasi. Dari dulu para orangtua akrab dengan lauk yang asin supaya lahap makan nasi. Makanya kalau masak gorengan hasilnya asin ya tinggal dimakan aja sama nasi. Beres.

Berikan kecap
Trik kedua yang ampuh mengatasi gorengan terlalu asin adalah mencelupkan/mengoleskan pada kecap manis. Dijamin gorengan kamu malah tambah maknyusss, asin-manis enak rasanya hihi... Selain mengatasi rasa asin, kecap manis juga berguna meredakan sambal yang terlampau pedas loh. Jadi jangan lupa untuk selalu sedia kecap manis di rumah ya.

Cuka
Bahan masakan yang satu ini rasanya sangat asam, tetapi ampuh meredam rasa asin dan pedas pada makanan. karena kita sedang mengatasi gorengan keasinan, maka caranya ada dua:
1. Dibuat acar
Acar merupakan pelengkap makanan yang sering tersedia pada sate, martabak, bakso, dll. Selain sebagai komponen penyegar, acar juga berfungsi apabila makanan kita terlalu asin. Makan saja gorengan bersama acar, pasti rasanya makin mantap. Asam pada acar yang notabene adalah cuka, mampu menutup rasa asin pada gorengan sehingga tragedi keasinan tidak masalah lagi. Cara membuat acar pun sangat mudah. Mimin kasih bonus cara bikin acar biar berikut ya.

Siapkan;
1 buah mentimun ukuran sedang, cuci, buang isinya, dan potong kecil-kecil sesuai selera.
1 buah wortel, cuci dan potong-potong kecil
5 buah cabe rawit hijau
3 buah cabe rawit merah
3 buah bawang merah, iris tipis
1 sdm gula pasir
1 sdm cuka
sedikit garam
2 sdm air

Caranya:
campur semua bahan, aduk rata dan diamkan beberapa saat. Nanti akan timbul air lebih banyak. jangan khawatir itu adalah hasil reaksi  cuka.
Dan acar siap disantap.

Tips: Buat kamu yang suka pedas, maka cabe rawit merah diiris-iris, tapi kalau ga suka pedasnya keluar ya cabenya utuh saja. Sedikit saja cabe sudah terasa pedas loh, be wise.


2. Membuat rendaman cuka
Kita masih terus berinovasi mengatasi gorengan yang keasinan. Selain dibuat acar, cuka juga dapat dibuat rendaman agar gorengan kamu ga lagi asin level tinggi. Caranya gimana?
Yuk langsung aja

Siapkan mangkuk, beri 2 sdm cuka, 1 sdm gula pasir, 2 sdm air. Aduk-aduk dan oleskan pada gorengan sampai rata. Biarkan sampai meresap kemudian goreng lagi gorengan yang sudah diberi campuran cuka. Kamu bisa bandingkan rasanya sebelum dan sesudah diberi cuka.

Ok, sekian dulu tips dari thelanstrum, semoga bisa menyelamatkan gorengan yang keasinan sangat yah hhh.

Jangan lupa share dan comments di bawah.

Note: Nggak semua nasi yang jadi bubur harus dimakan sebagai bubur ayam.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...