Jumat, 05 Mei 2017

Cara Menggunakan USB Sound Card untuk Home Recording

Cara Menggunakan USB Sound Card untuk Home Recording


Hai Lansteners, selamat datang di web Thelanstrum.com. Kali ini mimin akan nge-share tentang penggunaan USB Sound Card untuk recording ala rumahan. Check this one till end ya hhh

Okay, sedikit cerita nih:
Berawal dari rusaknya laptop ane yang sudah berkali-kali instal ulang, perbaikan mother board, dan ganti hard disk, hingga tak bisa lagi diselamatkan hiks (maklum sudah hampir 6 tahun bersama, dan berakhir di tukang kiloan). Mau tak mau, ane harus ganti laptop. Alhamdulillah dapat laptop baru, seneng banget rasanya. Tetapi,  u knew that, laptop jaman sekarang tuh ternyata memang berbeda. Misalnya: processor yang digunakan minimal windows 8/10, padahal ane setia banget sama windows 7. Punya ane 64 bit ga bisa selain win 10, nah lho. Alhasil sekarang dipaksa beradaptasi dengan perangkat yang sangat baru plus dalem-dalemnya. It’s fine, lama-lama pasti bisa. Yakin deh, jalani dulu aja.

Seiring berjalannya waktu, software yang dibutuhkan terinstal satu per satu. Tak lupa hobby ane editing audio masih berlanjut. Sampai suatu ketika hendak recording, barulah tersadar kalau lubang mikrofon dan headphone digabung jadi satu. Sementara perangkat yang ane punya ya yang terpisah. Nyolokin headphone ga bisa recording, giliran colok mikrofon eh ga kedeteksi. Wah, bingung pisan ini?





Dari hasil searching dan tanya sana-sini, laptop yang begini membutuhkan sebuah splitter audio agar bisa rekaman sekaligus playback dengan perangkat yang terpisah (maksudnya biar ane ga beli-beli lagi hihii). Kalau mau instan, cukup colokin headset seperti yang ada di smartphone, iya yang “lingkaran” di jacknya ada tiga atau empat itu. Beberapa orang menyebutnya cincin. Apalah namanya yang penting kamu ngerti kan.
via androidtablets.net


Sayangnya kualitas rekaman dan playbacknya aduhai ga banget deh. Entah ini bawaan android made in China  ane atau faktor lain. Masih penasaran.

Next, ane mulai hunting nih audio splitter. Niatnya sih dapat yang begini,





Sampai di store malah dapat yang begini.





Kata penjualnya sih, ini juga bagus kog, malah ada tambahan power biar  maksimal. Mimin mah iya-iya aja, soalnya sudah deadline mau ngerekam-rekam (kena hasutan lagi hmmm!).

Sesampainya di rumah, ane langsung cobain tuh USB Sound Card. Tinggal colok ke port usb otomatis bekerja, tak perlu driver gaess. Terus ane tes buat rekaman, bla bla bla bla..........lha kog hasilnya hancur?!!! Apa salahnya? Berkali-kali gagal membuat ane curiga ada yang rusak di salah satu alatnya. Hmb! Masa harus beli lagi???

Sekip

Suatu hari, ane berkunjung ke toko aksesoris komputer yang berbeda. Dari seluruh isi toko, mata ane hanya tergoda pada jajaran mikrofon. Model desktop, clip, headphone-microphone, for smule only dll. Pertimbangan harga dan kualitas, ane pilih yang clip seperti ini. No endorse ya, harga di bawah 100k.




Kebetulan toko ini ada ruangan layanan service termasuk pengecekan alat baru, jadinya setelah bayar ane melipir ke situ. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, ane sengaja bawa laptop biar tahu cara instalasinya. Emang bener peribahasa males bertanya sesat ga bisa pakai alatnya hhaha, :D.

Teknisinya ramah dan sabar menjelaskan. Mereka juga menggunakan usb sound card seperti punya ane, dan sukses bekerja. Ini yang penting, ga sia-sia beli alat baru huhu... . Oalah baru tahu caranya begitu. Oleh karenanya, ane juga akan membagikan ulang cara kerjanya secara gamblang buat kalian. Gratiissssss! Biar kalian ga pada bingung lagi.

Baiklah. Siapkan diri kalian ya Lansteners.

Perhatikan baik-baik usb sound card ini.




Ingat ya gaess, USB Sound Card  ini langsung terintegrasi dengan mixer laptop. Jadi kalau kamu menekan tombol volume up/down maka volume speaker pada laptop otomatis naik/turun.

Sambungkan jack mikrofon ke lubang mikrofon di usb. Terus colokkan usb ke port usb di laptop. Lihat lampu indikator usb nyala berarti terdeteksi.




Klik kanan di ikon speaker di kanan bawah, pilih recording device
Lihat daftar mikrofon dan pastikan Microphone USB Audio Device ada tanda lingkaran hijau dan simbol centang, artinya default yaitu mikrofon utama yang dipakai. Terus kamu coba cek sound di mikrofon eksternal. Kalau baris-baris di kanannya hijau naik-turun saat kamu ngomong, mikrofonmu sudah siap dipakai. Jika belum ada, cek lagi, mungkin colokannya belum pas. Disable-kan mikrofon lain.




Klik properties – tab levels, geser-geser angkanya sampai menurutmu paling pas. Saran ane sih jangan sampai 100, soalnya pasti agak-agak pecah suaranya. Antara 70-98 saja. Lalu Ok.




Klik tab Playback. Di sini ada beberapa pilihan speaker. Kalau kamu punya headphone berkualitas baik, maka pilihlah microphone usb audio device, karena suara akan terdengar lebih detail. Tinggal colokin tuh headphone ke slotnya di USB SOund card, Tapi kalo ga punya headphone yang bagus, kaya ane nih :(  ,bisa pakai speaker bawaan. Klik Ok.



Setting default sudah beres, saatnya beralih ke software editing audio. Ane pakai Audacity dan Adobe Audition.

Di Audacity, hal terpenting adalah mengatur mikrofon dan playback. Klik simbol mikrofon dan pilih USB Audio Device, harus sama dengan setting default tadi. Begitu pula playback-nya. Jika beda pasti akan menimbulkan masalah. 





Yuk mulai merekam suara kamu. Klik simbol rekam (lingkaran merah) dan berbicaralah. Nampak gambar spektrum berjalan yang berarti suaramu sedang direkam.



Untuk berhenti merekam, klik simbol stop atau tekan spasi di keyboard. Coba dengarkan dengan klik simbol play. Jika sudah, export file dan berikan nama dan lokasi mana kamu inginkan. Hasilnya berformat .wav. Kalau mau .mp3 kamu perlu menambah  "lame_enc.dll". Ga terlalu penting sih, karena format .wav sudah bisa diolah di banyak software editing audio/video dan berbagai player. Untuk cara lengkap menggunakan Audacity, mimin ga bisa tulis di sini karena nanti terlalu panjang. Tenang sudah banyak tutorial Aaudacity bertebaran di dunia maya.

----------------------------------------------------------------

Beralih ke Adobe Audition (Au).

Ane pakai Au CS6.

Saat membuat new project atau mau recording, muncul jendela setting. Lihat Channels, akan ada daftar mono/stereo/5.1 , pilih 5.1. Ane ga tau kenapa tulisannya bukan usb 7.1, tapi cuma ini yang bekerja kalo colokin usb sc, kalau mono/stereo ga akan bekerja, so pilih aja channel 5,1, selebihnya ga masalah. Lalu klik ok.




Selanjutmya tinggal merekam - mengedit - ekspor. Seperti halnya di software editing audio lain, kurang/lebih tekniknya sama. Dan tutorial lengkapnya kamu cari di youtube aja ya.

Setelah semuanya selesai, cek ulang file rekaman lewat player gaess. OK. Good Job

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa comment/share/follow me :)





30 komentar:

  1. Kan yg di settingan properties kan ada tulisan custom nah di dalam tab custom ada tulisan AGC nah AGC itu harus di centang atau nggak???

    BalasHapus
  2. Mau bertanya mas. Saya pakai USB Soundcard yang tidak ada volumenya (yg warnanya hijau / biru transparan itu). Laptop saya sama dengan punya mas, pakenya combo jack / portnya cuma satu.

    Gak mau detect soundcardnya. solusinya gmn mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mdh2n bs bantu bro,
      pertama pastikan USB SC g rusak, pindah port atau pinjem laptop temen. Kalo sama2 ga fungsi kemungkinan USB sc-ny rusak.

      2. Buka Device Manager > sound video and game controller, lihat ada "speaker (USB audio device)" g? Kalo g ada, klik kanan pilih "Scan for hardware changes", konek internet ya.

      Semoga berhasil.

      Hapus
  3. Saya beli usb sound card persis pny e mimin
    Tp suaranya di colin earpone malah g karuan. Apa krn earpone hp y yg sy pk.
    Tp masuk di lubang pc nya bs jernih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah kecocokan mas.
      Earpone-nya @ariep46 pasti jacknya stereo dicolokin ke usb soundcard, suaranya ga enak didenger. Soalnya usb sc cocoknya pake jack2 mono (jacknya ada lingkaran 2)

      Hapus
  4. bang....punya saya untuk muter lagu dr laptop ke speaker mnggunakan USB SC bisa...tpi saat mau rekam gitar gak bisa...suara di speaker bunyi sssssssss gtu...mohon bantuannya bang. trma ksih

    BalasHapus
  5. Gan, aku udah ikutin semua step nya tapi kenapa rekaman nya masih pake mic bawaan dari laptop ya? paddahal udah sesuai sama step by step diatas. Mohon bantuannya gan. Makasih

    BalasHapus
  6. bos usb card bisa d aambungkan ke tv dan bisa keluar ke apeker tambhan ga

    BalasHapus
  7. misalkan tv lg saya gada out putnya..saya pengen ngeluarin suara tv ke speker tambahan..apahkan pake usb card bisa min

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. met kenal min, sy mau konsul nih.., sy pake usb card yg warna biru transparan, utk rekaman sih udah bersih, tapi kok hasil nya mono ya..??, sy udah coba colok dari HP k laptop, dri tape deck ke HP, dri tape deck ke laptop hasil nya tetep mono alias ngga stereo, percumah dong kualitas audio rekaman jernih tapi mono, mohon pencerahannya y min...thank's...

    BalasHapus
  10. Min, saya juga sama beli usb soundcard 7.1 kaya begitu, tapi pas mau record suara di audacity ko ada suara nging yg amat sangat mengganggu yah,, mungkin bisa di respon kalo mimin tau :D

    BalasHapus
  11. Min saya udah praktekin tp kok ga bisa ya?

    BalasHapus
  12. permisi
    mau nanya, boleh ya :V
    saya kemaren beli USB SC yang 7.1, kalo dicolokin ada"noise" semacam bunyi "nging" yang ganggu banget, adakan solusi ngilangin noisenya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih udh clear belum gan?

      Hapus
    2. sama gua juga ini... ada yg punya solusi gak ??

      Hapus
    3. ada solusi gak nih untuk hal ini????

      Hapus
  13. Klo untuk smule karaoke lewat android bisa gak min ? Ane nyoba bm800
    condensor tp kok suara kecil dan bnyk noise nya.. kira2 apa penyebabnya.. padahal udah nyoba spliter dan souncard usb

    BalasHapus
  14. Itu hanya bisa untuk record suara? Apa tidak bisa untuk mendengarkan lagu menggunakan headset? Kebetulan colokan headset ane rusak gan

    BalasHapus
  15. Saya beli yg sama tapi kok ada suara ngiiiiik panjang terus menerus itu pas USB sound card nya dicolok min kira" apa kendalanya ya?

    BalasHapus
  16. Min kok nggak ke detect ya Microphone USB Audio Device nya solusi nya gimana??

    BalasHapus
  17. saya mau tanya.. kebetulan saya beli usb sound card utk keperluan STB android TV supaya bisa di sambungkan ke home theater (AUX). tapi kok suara tidak keluar. padahal indikator lampu sudah nyala dan semua sudah sesuai dengan petunjuk pemakaian. minta solusi nya. suwun..

    BalasHapus
  18. Bang gimana cara mengatasi warna hijau lampunya gk nyala

    BalasHapus

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...