Kamis, 29 September 2011

Kekenyangan

 Hampir setiap orang pernah merasakan kekenyangan. Di kala lapar dahaga pun letih melanda, manusia cenderung memuaskannya dengan makan melebihi porsi yang dibutuhkan. Dalih mengganti asupan yang kurang, atau belas dendam sering terucap.

Tahukah kamu, ternyata makan (dan juga minum) kekenyangan itu kurang baik loh.

Beberapa akibat bila makan kekenyangan yaitu:
  • Sulit bernapas karena lambung yang penuh sesak oleh makanan mendesak diafragma sebagai salah satu jalan bernapas
  • Perut terasa sakit, karena organ pencernaan dipaksa memuat makanan melebihi kapasitas. Rasa sakit ini bisa timbul seusai makan bahkan sampai keluar dalam bentuk feses.
  • Mudah ngantuk, akibatnya kita malas bekerja dan belajar. Tubuh memerlukan energi untuk mencerna makanan loh. Makanya orang kekenyangan perlu waktu lebih lama guna menstabilkan kondisi fit tubuh. Tidak heran banyak orang  berprestasi rendah yang gemar makan. bukan karena bodohnya, tetapi pengaruh ngantuk yang membuat tubuh malas.
  • Gemuk yang menjurus pada obesitas. Penyakit lebih mudah datang dalam kondisi seperti ini, mulai dari  sulit bernapas, mudah capek, diabetes, jantung, dst.
Makan kekenyangan hampir tidak menguntungkan seseorang selain memenuhi nafsu laparnya. Parahnya, bahkan ada seseorang menemui kematian gara-gara kekenyangan! Kalau yang ini tragedi memalukan banget.

Ditinjau dalam sisi agama makan kekenyangan juga kurang baik, karena jiwa kita tidak terlatih sabar dan syukur. Makanya Rasululloh SAW menganjurkan mengisi perut (lambung) dengan takaran sepertiga makanan, sepertiga minuman, dan sepertiga udara. Makan di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. 
Dengan mencontoh tindakan nabi seperti itu niscaya akan menyingkirkan berbagai penyakit, baik penyakit fisik, maupun psikis.

Yuk, mulai dari sekarang mengatur jadwal makan yang baik. Jujur, saya sendiri kerap lupa berlaku makan yang baik. Makanya saya posting ini biar kita sama-sama belajar menjalani pola hidup yang baik.
Seperti pepatah, kita adalah apa yang kita makan.

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...