Selasa, 21 Mei 2019

Kenapa Ayam Mematuk Tuannya?

Ayam Jantan
Foto: dok pribadi

Memiliki hewan peliharaan merupakan kegiatan menyenangkan bagi sebagian orang. Selain untuk hobi, memelihara hewan juga bernilai ekonomis. Karenanya kita harus telaten memberi pakan agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hewan peliharaan favorit bagi rumah tangga diantaranya ayam. Ketersediaan pangan yang melimpah dan variatif, kemudahan perawatan, mampu menghasilkan daging dan telur dengan siklus cepat. Itulah alasan mengapa banyak warga memeliharanya.

Tentu, selain faktor ekonomis di atas, terkadanng kita menemukan hal tak terduga dari hewan bulu berkaki dua ini. Bila kita termasuk pecinta ayam, mudah sekali menemukan beberapa tingkah laku ayam, baik yang lucu, menyenangkan maupun menjengkelkan. Salah satunya yaitu, mereka suka mematuk kaki/tangan tuannya.

Menurut sebuah penelitian, otak ayam tidaklah sebodoh yang kita kira. Itulah mengapa jika benar-benar menyayangi mereka akan membalas sesuai pemahaman mereka.

Beberapa ayam memang bisa mematuk kaki/tangan tuannya. Bukan sifat dasarnya yang mematuk sembarang orang yang ditemuinya (galak_red), melainkan kepada tuannya saja. Ini mengindikasikan bahwa piaraan anda sebenarnya sudah memiliki ikatan emosi dengan anda. Mereka tak takut berekspresi terhadap perlakuan tuannya. Misalnya ketika anda mengelus kepalanya dan dia sedang tidak suka maka serta merta tangan anda menjadi sasaran penolakannya. Atau mungkin dia sedang meminta sesuatau yang anda gak paham apa maunya, eh dia nyelonong aja nyubit kaki anda aww sakitnya lumayan.

Apapun tingkahnya, mereka adalah makhuk Tuhan yang unik. cobalah untuk lebih memahami kebutuhan mereka. Jika mereka bahagia kita juga yang panen stok proteinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...