Selasa, 31 Mei 2011

Cilok Tahu



Cilok...hemmm terbayang enaknya makan pake saus pedas ham. Tapi di jaman sekarang ini jajan cilok sembarangan bikin was-was. Lebih baik mencoba bikin sendiri. Lebih bersih, sehat, bergizi, dan ekonomis tentunya.
Kalau bosan dengan rasa cilok yang biasa dijual ama abang cilok, Anda bisa membuat kreasi rasa baru, salah satunya dengan mencampurkan tahu. Ini resepnya.

Bahan:
200 gr tepung kanji
200 gr tepung terigu
200 gr tahu dicincang halus (bisa ditumbuk/diremas dengan tangan)
100 gr daging ayam goreng diiris kasar

Bumbu dihaluskan:
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 sdm garam
penyedap masakan (jika suka)
150 cc air matang secukupnya

Pelengkap:
saus, sambal, kecap

Cara membuat:

  1. Campur tepung kanji dan  tepung terigu hingga rata.
  2. Larutkan bumbu halus dalam air matang lalu masukkan dalam adonan tepung. Masukkan perlahan-lahan sambil diuleni hingga kalis. Apabila terlalu keras bisa ditambahkan air, sebaliknya jika terlalu lembek tambahkan tepung.
  3. Bentuk adonan membulat sebesar ukuran bakso, sisipkan potongan ayam di tengahnya.
  4. Rebus dalam air mendidih. Tunggu hingga terapung baru ditiriskan.
  5. Sajikan dengan saus/sambal pedas dan kecap.

Nah, terobati sudah keinginan makan cilok. Biar lebih awet, taruh cilok dalam panci kukusan di atas kompor dengan api kecil supaya tetap hangat dan empuk, atau bisa juga ditumpangkan pada tatakan kukusan mejikom.


Anda bisa membuat kreasi cilok yang lain, misalnya mengganti tahu dengan daging cincang atau daging ikan yang dihaluskan seperti pada pembuatan empek-empek dan siomay . Soal rasa, Anda sendiri yang menentukan: mau asin, gurih, manis, asam, selera Anda. Jangan terpaku dengan resep yang Anda dapatkan karena belum tentu sesuai dengan keinginan dan keuangan. Bijak-bijaklah mengolah makanan agar semakin bijak mengolah hidup Anda.

Salam cinta untuk istri pintar.


NB: resep di atas belum menghasilkan cilok dengan kekenyalan dan keempukan sempurna, saya sudah mencobanya beberapa kali namun belum berhasil. Silakan dicoba-coba sendiri yah seberapa takaran  tepung-tepungnya. Selamat bereksperimen.

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...