Minggu, 15 Mei 2011

Perawatan Wajah Jerawat

Jerawat, hal yang tidak asing di telinga. Apalagi buat kamu yang sedang mengalami masa remaja. Hampir semua manusia mengalami jerawat saat pubertas yakni dengan munculnya tonjolan kecil sampai agak besar, beberapa orang merasakan pegal di area tumbuh jerawat, bisa menimbulkan nanah, dan mengenaskan karena tidak kunjung hilang dalam satu hari yang berarti penampilan kamu sedikit terganggu. Apa kamu sedang merasakannya?
Kenyataannya, jerawat tidak hanya ada di wajah, tapi juga di bagian tubuh lain seperti bahu dan lengan bagian atas, serta bagian lainnya.
Terus, apa sih penyebab jerawat?
Beberapa penyebab jerawat paling sering ditemui yaitu: faktor hormon, kebersihan yang kurang, dan salah penggunaan kosmetik.
Faktor hormon: sering terjadi pada remaja di mana hormon perkembangan seksual meningkat. Hal ini menyebabkan bagian-bagian tubuh sebagai identitas jenis kelamin makin jelas. Sayangnya, pertumbuhan sekunder ini kerap menghasilkan produk lain seperti jerawat, juga bau badan. Setelah melewati masa ini umumnya jerawat semakin berkurang. Namun, apabila jerawat masih tetap bermunculan bahkan seakan menutupi wajah, menandakan ada hormon lain yang bekerja terlalu banyak. Nah, kalau sudah begini kamu mesti cek ke ahlinya.
Faktor kebersihan:  tak bisa dipungkiri kamu yang rajin membersihkan wajah (termasuk badan) memiliki resiko berjerawat lebih kecil dibanding kamu yang malas. Karena, permukaan kulit yang kotor sangat mungkin sekali terdapat bakteri. Kalau dibiarkan lama, bakteri menginfeksi kulit lalu menimbulkan permasalahan seperti jerawat, gatal, bentol-bentol dan sebagainya.
Salah penggunaan kosmetik: salah satu cara mengetahui jenis kosmetik yang cocok dipakai yaitu dengan mencobanya. Tetapi, terlalu cepat gonta-ganti kosmetik justru menimbulkan kerusakan wajah dan timbulnya jerawat. Terlebih bila tidak waspada mengenai komposisi kosmetik ada racun atau tidak.
Solusinya?
Mendapatkan solusi yang tepat adalah dengan mengetahui penyebabnya. Jika jerawat tumbuh karena  kamu sedang remaja adalah wajar. Toh semakin tua manusia semakin sedikit masalah jerawat. Namun, apabila hingga dewasa kok masih banyak jerawat, tak perlu ragu minta nasehat dari sang ahli (dokter kecantikan, dokter kulit).
Senantiasa menjaga kebersihan wajah dan badan, termasuk tempat tinggal.Gunakan pembersih wajah yang lembut dan terbuat dari bahan alami. Hindari kosmetik berbahan kimia berat karena dapat menyebabkan kanker.
Punya uang lebih, boleh saja ikut perawatan kecantikan. Perlu diingat bahwa konter beauty and skin care sebagai alat bantu mendapatkan penampilan yang sesuai, bukan sebagai treatmen utama. Percuma saja kamu ikut perawatan tapi kamu sendiri malas sehingga sangat tergantung. Begitu lepas perawatan, langsung deh kuman-kuman balas dendam.

Banyak hal yang terjadi pada diri kita ternyata disebabkan oleh diri sendiri. Jadi, perbaiki kualitas diri menuju kehidupan yang lebih baik.
Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Sabun De Joi

Sabun De Joi Saya mengenal sabun ini dari aplikasi Laz@da. Waktu itu saya bermain Lazgame dan dapat koin, lalu saya tukarkan dengan h...